Kamis, 29 Januari 2009

pehanita [part 1]

Sudah sejak lama ingin menulis satu kisah ini. Aku menulisnya memang karena terinspirasi cerita laskar pelangi, tapi jangan berharap kisah ini akan sefenomenal laskar pelangi, agar tidak kecewa. Penulisnya hanyalah seorang gadis biasa, pengalaman menulis pun tiada kecuali dalam sebuah buku harian usang bekas agenda tidak terpakai. Kisah yang diceritakan pun tidak semenarik laskar pelangi, namun satu hal yang saya yakini, kisah 12 gadis ini telah membuat saya lebih merasa yakin adanya persahabatan..

12 gadis melangkah bersama, satu tujuan mencari kebahagiaan, namun mungkin berbeda jalan..
Anggaplah saya orang pertama, selaku penulis, selaku pencerita, selaku pelaku. Karena itu, kisah ini hanya menggambarkan dari sudut pandang saya, tapi ingat ada 11 sudut pandang lain,, dan ada lebih banyak sudut pandang lain lagi.. itu terserah anda.

Ada orang bilang orang berteman, bersahabat, berpacaran dan berumah tangga karena adanya kecocokan, yang muncul karena ada persamaan. Jadi pertama saya akan mencoba mencari persamaan kami. Satu yang pasti sama adalah kami semua adalah mahasiswa di satu perguruan tinggi negeri yang mengatasnamakan negeri tercinta ini, dari fakultas yang tergolong tidak gaul, tidak keren, dan tidak menarik. Sedangkan jurusan kami sendiri sebenarnya cukup menarik, karena peminatnya banyak. Tapi banyak pula yang hanya menjadikannya pilihan kedua setelah jurusan favorit sepanjang masa, ini pula yang nantinya membuat persamaan jurusan tadi menjadi tidak berlaku lagi. Bersama – sama menjalani masa ospek dan mabim sedikit banyak memang membuat kami dekat, tapi tidak langsung ber12 seperti sekarang tentunya. Oiya, saya belum memperkenalkan 12 tokoh utama dalam cerita ini,, maaf, namanya juga amatir..hehe,,
pertama lagi2 saya, nama saya olie.. gadis rumahan, imut (a.k.a kecil kurus pendek), bertampang anak smp yang cenderung pendiem hingga bertemu dengan 11 orang lainnya yang membuat saya menjadi cerewet. Selanjutnya kita menurut abjad ya, mungkin akan lebih mudah untuk anda mengingat.
2. Ammi.. seorang gadis moody yang bersedia untuk mendengarkan cerita anda dan ingin anda mendengar ceritanya pula tentunya saat mood nya sedang bagus.
3. Lalu Bau,, bukan berarti dia bau, sungguh, Cuma karena lagu project pop "bau bau bau" yang bisa diganti kata2 baunya dengan nama aslinya,, gadis yg cukup tomboi mungkin, mencintai liverpool sangat, you’re never walk alone..
4. Aura,, sang sopir bersama, tomboi insyaf yang ngebet nikah, kiper futsal fakultas, mapres (mahasiswa berprestasi), sempet ikut MLM dan sepertinya memprospek semua orang untuk jadi downlinenya..hoho.
5. Palang.. gadis semarang yang mulai menjadi gadis jakarta, seperti kapal yang mencari pelabuhan hati,, kita sebut aja palang si kapal.
6. Udin,, seru rame dan loveable sekali,,, seperti kudanil yang selalu membuatmu senang bersamanya,, udin si kudanil namanya.
7. Tante,, tentu ada alasan dipanggil tante, yaitu krn dia paling tua secara umur, namun secara penampilan anda takkan menduga.
8. Ada tante ada nenek juga.. nenek disandang dia tanpa alasan yang jelas, dia seumuran dengan aku,, cantik melankolik, tapi kalo sudah di belakang kemudi dia bisa menjadi sangat agresif..hehe,,
9. Kemudian adalah bolzki,, bukan keturunan rusia atau skandinavia, peranakan jawa-cina, setipe lah sama ak, kecil, kurus, pendek,,hehe..my best friend in this group of friend.
10. Lalu ada melmel,, si tukang jual pulsa, keturunan thionghoa, mendengarkannya ibarat mendengarkan lagu yang diputar 2 kali lebih cepat,,jadi anda harus fokus agar bisa tetap menangkap maknanya..
11. Opeh,, bukan betawi saudara2, jawa tulen, good girl yang lama2 menjadi tidak terlalu good girl tapi belum bad girl,,,(kekekek... pis peh!),tebengan sejati aku,,hahaha,, thank you very much..
12. last but not least, upit abu, gadis yang dewasa sebelum waktunya, 3 tahun lebih muda dari aku tapi terlihat 2 tahun lebih tua dari aku,, bocah ajaib, sang pencinta sejati..

and, here we are...
melangkah bersama, satu tujuan mencari kebahagiaan,
namun mungkin berbeda jalan..


bersambung...

just words..

bagi dunia kamu mungkin hanya seseorang,
tapi bagi seseorang mungkin kamu adalah dunianya

dari status seorang teman di facebook.. pinjem yaaa.. ;)


Senin, 26 Januari 2009

Minggu, 18 Januari 2009

pdkt

pedekate = pendekatan = mencoba lebih dekat dengan seseorang.
gimana pdkt sama co? semua pasti tau lah,,dan pasti udah pernah ngejalanin kan?
kasih perhatian, ikutin maunya dia, kasih respon baik, sms, kirim email lucu,,hahaha,,,
kenapa pdkt? ya karena pengen deket, pengen dijadiin lebih dari temen, lagi butuh co itu,,he3,, azas manfaat tetap berlaku pastiny..

tapi pernah ga pdkt sama ALLAH,, Yang Maha Penguasa atas segala sesuatunya.
gimana pdkt sama Allah? ya ibadah lah..
kenapa pdkt? masih nanya kenapa? buset deh.. belum cukup apa dengan semua yang udah Allah kasih buat kita?
atau karena lagi butuh aja? lagi mau ujian? lagi butuh muhzizat? ya ampun,,emang dasar manusia,, seringnya emang gitu kali ya kalo mau jujur,,hehee.. Menurut gw ga gpp juga sih,,asssaaaaalllll... jangan tuh setelah keinginannya di kabulkan trus lupa lagi,,
Enaknya, kalo kita pdkt sama Allah, pasti sukses deh,,percaya deh.

Kayak yg di hadistkan sama Buchari..
denger tadi pagi, isinya kira2...

"Allah itu mengikuti prasangka hambanya,
jika kita mendekatinya satu jengkal Allah akan mendekati kita satu hasta.."

masih panjang sebenernya, tapi ga hapal,,hehe,,
ya intinya, ayo kita pdkt sama Allah teman2..
biar selamat dunia akherat,
n siapa tau pdkt kita sama co dimudahin sama Allah,,
kan Dia Maha Berkuasa dan Maha Pembolak Balik Hati..


Kalo ada isi yg salah, tolong masukkannya yah,,
semoga bermanfaat, ^^,



LOVE
the reason why I stay
the reason why I leave


puisi lama

yup,, puisi lama, kemaren pas baca2 diary, ehh,, nemu puisi ini. Base on someone words. romantis atau gombal?? tergantung situasi sih..dulu sih berasa gombal,,hahahha...tapi krn someone itu jarang ngegombal jadi terasa romantis,,kikikikikik...
aku ingin menjadi mataharimu
yang membuat harimu cerah
aku juga ingin menjadi pohon untukmu
tempat kamu berteduh ketika matahari terlalu terik


Selasa, 13 Januari 2009

kepercayaan

kepercayaan yg gw maksud disini bukan kepercayaan kepada Tuhan,, itu mah urusan pribadi masing2 euy,, Yang akan gw bahas adalah kepercayaan antara manusia selaku mahluk sosial, which is perlu bersosialisasi dengan sekitarnya.
Pernah denger dong ungkapan kalo kepercayaan itu sulit didapet,, trus juga kalo seseorang udah sekali hilang kepercayaan sama orang lain, bakal sulit banget buat ngembaliin kepercayaannya itu..
Hmmmmm,,, setuju banget gw,, gw lagi dilanda krisis kepercayaan sama orang-orang,,,majemuk, prural, artinya ada lebih dari 1 orang yang sekarang sering gw ragukan. Sulit banget untuk membangun kepercayaan itu kembali, setelah mereka merusaknya,, sayang seribu sayang mereka itu termasuk orang yang deket dan sering berinteraksi dengan gw.. dan bener,, ga enak banget hidup dalam kecurigaan karena lo ga bisa percaya sama orang.
Sebenernya kenapa sih seseorang bisa kehilangan kepercayaan terhadap orang lain?? kalo yang dari gw alami sih,, yah,,, ga jauh2 sama yang namanya bohong dan ketauan.
Entah kenapa gw selalu bisa menangkap setiap kali orang ini boong atau menyembunyikan sesuatu sama gw,, entah krn kedua nomor gw lagi aktif, karena tiba2 dengan bodohnya dia salah kirim sms, entah karena ada perubahan mendadak yg buat gw curiga, intinya nih orang udah sering ketauan boongnya sama gw,,,hahaha,, gw jg ga ngerti kenapa begitu, kalo menurut dia sih itu tandanya dia emang ga boleh boong sama gw,, hyaaa,,, ngeles aja lo,, ketauan ya ketauan aja kaleee....hehehe...
Atau gw berbakat paranormal yah? hahahahhaa...
Nah ada juga sih yang boongnya jago banget,, sampe bertahun-tahun,,tapi yah, seperti pepatah bilang, sehebat-hebatnya tupai melompat toh akhirnya jatuh juga (bener begitu bukan pepatahnya? ).
Kalo yang ini, setelah kebohongannya uda terlalu hebat akhirnya menimbulkan kecurigaan toh.. mulailah gw melakukan penyelidikan yang bersifat retrospektif,,, (cuih, bahasa gw..). Dan setelah menimbang dari berbagai bukti fakta dan saksi, sukses banget tuh orang ngerusak kepercayaan gw..
Jadi... jangan salahin gw kalo sekarang gw lebih suka mencari tau sendiri dan mengkroscek kembali apa yg kalian katakan... soriii,... tapi sulit banget buat percaya lagi, gapapa lah gw jd detektif, atau ga tau sama sekali mungkin lebih baik??? entahlah...

apasih gw,,,,????

Minggu, 11 Januari 2009

disentil dengan talasemia..??

Jadi kemaren sore, pas pulang, di kereta yang biasa aku tumpangi, ada seorang bapak yang menggendong anaknya, duduk persis di sebelah aku.
Pertama sih cuek bebek aja sama bapak-anak itu, trus pas nengok,,eh,,anak itu pake selang2 gitu,, trus nengok lagi.. anak itu kurus banget, mungkin anak kurang gizi.. batin ku..

Kemudian ada seorang ibu yang duduk didepan yang mengajak ngobrol bapak itu, dari hasil obrolan, terungkap bahwa anak itu baru pulang dari cipto (RSCM), berobat, sang anak sakit talasemia, dan selang-selang pada anak itu digunakan untuk dia minum.

Talasemia,,nama penyakit ini bukan hal baru untukku, karena aku lulusan farmasi,, jadi sedikit banyak tau soal penyakit2 lah. Tapi selama ini aku hanya tau dari buku atau internet aja tentang penyakit ini..baru sekali ini ketemu langsung penderita talasemia.

Bapaknya anak itu, namanya pak slamet, anaknya yang kena talasemia namanya ahmad. Pak slamet harus bolak - balik minimal minggu sekali, karena anaknya itu harus mendapatkan transfusi darah secara rutin seumur hidupnya. Talasemia yang diderita si ahmad ini tergolong talasemia mayor.

Badannya Ahmad ini kecil banget, mungkin badannya segede ponakan aku yang umurnya 2 tahun, tapi pas nanya umurnya, ternyata 14 tahun.. ga bisa bicara, minum harus lewat selang dan setiap makan dia kesakitan..

Sedihnya lagi, adeknya ahmad ini juga sakit yang sama cuma ga separah dia n masih bisa sekolah, tapi tetep harus rutin transfusi darah sebulan sekali.

Biayanya pengobatan yang harus ditanggung ga kecil, karena pemerintah ga menanggung semua biaya pengobatan,, Pak Slamet ini tampaknya juga tidak berasal dari keluarga yang berkecukupan, apalagi dengan 2 anak penderita talasemia. Pengobatan talasemia secara umum adalah dengan memberikan tranfusi darah secara rutin, hal ini tidak menyembuhkan, hanya membantu pasien supaya bisa menjalankan rutinitas sehari-hari. Akibat transfusi darah rutin tersebut, biasanya terjadi efek samping penimbunan besi atau Fe,, yang bisa berakibat kerusakan hati. Untuk mencegah hal ini, biasanya penderita diberikan obat khelating untuk cegah penumpukkan besi tersebut. Nah, untuk obat ini harus ada biaya lagi bukan..??

Kejadian ini tanggal 7 januari kemarin,, tapi sampe sekarang masih terbayang-bayang...

Satu pelajaran penting yang aku ambil dari pertemuan ini,, mungkin Tuhan sedang berusaha berbicara untuk mengingatkan aku, mengingatkan betapa beruntungnya diri ini,,, dan aku harus banyak2 bersyukur atas semua karunia yang telah Dia berikan selama ini.. Thanks God for this lesson..

Jumat, 02 Januari 2009

when we holding hand..

Mungkin memang aku yang salah, karena aku yang mulai, but it takes two to tango,, Ketika kamu tidak menolaknya, hatiku gundah lagi,, Semua kepastian yang pernah terucap oleh mu musnah lagi..inkonsistensi ini semakin memuakkan, tapi tak mengapa.
Bukankah kita harus gagal agar dapat merasakan kepuasaan saat meraih kesuksesan. Bukankah kita seringkali menyadari nikmatnya sehat ketika sedang sakit maka maklumi aku jika benar2 baru meyadari besarnya artimu untukku saat kamu bukan milikku.
Ada yang berbeda saat kita bergandeng tangan dulu dan sekarang,,dan entah mengapa saat ini terasa lebih dibanding dulu. Mungkin karena dulu aku tahu kamu akan memegang tanganku saat akan pulang, mungkin karena dulu itu sudah seperti rutinitas, hingga kita kehilangan maknanya.. Sekarang,jangan salahkan aku semata..
Kini, bahkan hal sesimpel bergandengan tangan menjadi penuh arti kembali..setidaknya untuk aku.